Primary Menu
Hit Enter to search or Esc key to close

Crystal Bay Nusa Penida Letaknya yang berada di tenggara pulau Dewata Bali dan hanya dipisahkan dengan Selat Bandung membuat Nusa Penida menjadi salah satu destinasi wisata yang menyimpan banyak keunikan. Wisata alam bawah laut menjadi salah satu yang paling dicari oleh para wisatawan yang menyukai olahraga air.

Maka tidak heran bila banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam bawah laut di pulau Bali yang sangat indah. Ada beberapa perairan yang dapat dijadikan spot untuk menyelam salah satunya adalah pantai Crystal Bay di Nusa Penida.

Pantai Crystal Bay Nusa Penida ini memiliki keindahan bawah laut dan pantainya yang tidak terkalahkan di tempat-tempat lainnya. sehingga sangat sayang jika anda lewatkan mengunjungi pantai sebening kristal.

 

a. Lokasi Crystal Bay Nusa Penida

Lokasi Crystal Bay Nusa Penida ini berada di Banjar Penida, Desa Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali. Atau sekitar 12 kilometer dari pelabuhan Nusa Penida,  dan membutuhkan waktu sekitar +40 menit untuk sampai ke sana. Karena akses menuju lokasi menggunakan jalanan aspal sehingga cukup aman dan mudah dilalui dengan kendaraan bermotor.

Sebelum sampai di kawasan pantai, para pengunjung hanya harus mengikuti arah jalan utama yang cukup panjang. Di sekitarnya juga terdapat perbukitan yang hijau dan sangat indah.

 

b. Cara Pergi ke Lokasi Crystal Bay

sumber foto: @jackson.groves

 

Untuk sampai ke lokasi pantai ini cukup mudah, pertama pengunjung harus menuju ke pelabuhan Nusa Penida.

Setelah itu perjalanan harus dilanjurkan menuju ke Toya Pakeh, lalu ada jalur menanjak menuju ke Sebunibus, sesampainya di pertigaan Sakti pilihlah jalur kanan ke Banjar Sakti.

Setelah itu di sana akan terlihat jelas pantai Cystal Bay dengan suara deburan ombak yang kencang.

 

c. Pantai Sebening Kristal

Nama Crystal Bay  sendiri disematkan karena air laut di pantai ini sangat jernih dan bening bagaikan kristal, maka dikenal dengan nama lain Cystal Bay namun penduduk lokal menyebutnya pantai Penida. Saat pertama kali sampai ke pantai, maka pengunjung akan disambut dengan deburan ombak dan hembusan angin yang segar.

Suasana yang hening dan damai membuat para pengunjung yang ingin menenangkan pikiran banyak yang memilih tempat ini karena jauh dari kebisingan dan hingar-bingar.

d. Daya Tarik Pantai Crystal Bay

sumber foto: @dewaherbie

 

Suara ombak yang menghantam tebing-tebing karang menambah suasana damai pantai ini. terdapat pula perbukitan hijau yang menambah indah pantai Cystal Bay dan juga keberadaan pulau karang atau atol menjadi daya tarik lainnya.

Pulau karang dengan luas 1 hektar yang ada di seberang pantai menjadi pelindung dari terjangan ombak besar. Pada pulau kecil ini dibangun sebuah pura yang mirip dengan pura Tanah Lot.

 

e. Terdapat Tempat Ibadah Umat Hindu

sumber foto: @dewaherbie

 

Ketika Anda duduk di pantai, Anda mungkin melihat bangunan tempat beribadah bagi umat hindu / Pura Hindu yang terletak di pinggir pantai. Tidak semua orang boleh masuk ke area pura, jika Anda bukan umat hindu, sebaiknya bertanya kepada warga setempat tentang aturan setempat untuk masuk ke dalam area pura.

Pada umumnya untuk masuk ke area pura, diwajibkan menggunakan kamben dan selendang. Dan sedangkan bagi wanita yang berhalaman (datang bulan) tidak diperbolehkan masuk ke area pura.

 

f. Crystal Bay Tempat Snorkeling atau Scuba Diving

sumber foto: @jackson.groves

 

Pengunjung dapat melakukan banyak kegiatan di pantai yang cantik ini. Misalnya saja dengan menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan snorkeling atau scuba diving yang tentu sangat sayang dilewatkan.

Terdapat berbagai macam terumbu karang dan ikan-ikan dengan banyak warna yang menghiasi bawah laut Cystal Bay. Tidak heran bila di Crystal Bay Nusa Penida tempat ini terkenal sebagai surganya snorkeling dan scuba diving .

Tidak hanya keindahan bawah lautnya saja yang cantik, pengunjung juga bisa menikmati pantai Crystal Bay yang tidak kalah mengagumkan. Pantai dengan garis pantai mencapai 1 kilometer ini memiliki hamparan pasir yang luas dan bersih.

Keberadaan gugusan atol kecil di sekitar bukit-bukit hijau semakin menyegarkan pemandangan mata. Suasana yang tenang dan damai akan membuat siapa saja enggan untuk beranjak dari Cystal Bay.

Terdapat salah satu spot paling menarik untuk menyaksikan keindahan alam di sekitar pantai, namun untuk menuju tempat tersebut para pengunjung harus melewati ratusan anak tangga terlebih dahulu.

Bagikan artikel ini ke sosial media
Comment ( 1 )
Excellent
100%
Good
0%
Average
0%
Rather Poor
0%
Bad
0%
  • Jadi pengen nabung nih biar bisa liburan ke nusa penida. Makasih infonya sangat bermanfaat.

Write a Review

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*